Thursday, November 24, 2011

Perancangan dan Pembuatan Alat Pendeteksi Apel Berdasarkan Warna Dan Bentuk Berbasis Microcontroler AT Mega 8535



BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
Sehubungan dengan perkembangan pola pikir manusia ilmu pengetahuan dan teknologi ternyata mengalami kemajuan terus menerus. Perbaikan terhadap teknologi yang sudah ada terus dilakukan agar menjadi lebih mudah. Salah satu bidang teknologi yang mengalami perkembangan lebih pesat adalah teknologi digital, dimana teknologi ini diciptakan untuk mempermudah kerja manusia.
Menggingat kota batu adalah salah satu kota penghasil apel dan bayak petani apel. oleh karena itu, alat yang kami buat ini di harapkan dapat lebih efektif dan efisien dalam membantu pekerjaan petani apel, alat ini berfungsi untuk memilih buah apel saat pengepakan.
            Teknologi yang terus berkembang memberikan peranan penting dalam proses pembangunan suatu negara. Saat ini salah satu perkembangan teknologi di bidang robotika telah memberikan andil yang sangat besar bagi suatu Negara untuk berkreasi. Diadakannya kompetisi robot diantara negara-negara maju telah menjadi kegiatan rutin yang diharapkan dapat memberikan dorongan bagi setiap negara untuk maju. Dalam hal ini robot memiliki fungsi dan jenis yang bermacam-macam. Robot memerlukan sebuah sistem mekanik dan kontrol yang baik agar robot dapat bekerja dengan baik. Berangkat dari masalah tersebut penulis berusaha merencanakan dan membuat sebuah tugas akhir untuk menyelesaikan permasalahan diatas yang dengan judul :
” Perancangan dan Pembuatan Alat Pendeteksi Apel Berdasarkan Warna Dan Bentuk Berbasis Microcontroler AT Mega 8535: Hardware



1.2 Rumusan Masalah
Dengan mengacu pada latar belakang perancangan perangkat ini maka perumusan masalah dititik-beratkan pada:
  1. Bagaimana mekanisme atau proses pemilihan Apel berdasarkan warna.
2.      Bagaimana merancang dan membuat perangkat mekanika yang mengendalikan semua kerja sistem ini agar Alat ini dapat bekerja sesuai yang telah direncanakan.
  1. Bagaimana merealisasikan alat pemilih apel berdasarkan warna dan bentuk berbasis microcontroler.

1.3  Tujuan
Adapun tujuan dari ” Perancangan dan Pembuatan Alat Pendeteksi Apel Berdasarkan Warna Dan Bentuk Berbasis Microcontroler  AT Mega 8535: Hardware
 adalah :
1.      Merencanakan sistem alat pemilih apel berdasarkan warna .
2.      Meletakkan apel sesuai dengan wadah yang sudah ditentukan.

1.4 Batasan Masalah
Agar pembahasan dari perencanaan dan pembuatan Perancangan dan Pembuatan Alat Pendeteksi Apel Berdasarkan Warna Dan Bentuk Berbasis Microcontroler AT Mega 8535: Hardware “.
 Berbasis mikrokontroller yaitu AT  Mega 8535 tidak terlalu meluas maka penyusun perlu membuat batasan-batasan masalah yang meliputi :
1.      Objek yang yang digunakan adalah Apel (Apel Woshington).
2.      Untuk pergerakan penjepit apel disesuaikan dengan Konveyor dan wadah tempat penampung apel.
3.      Warna apel yang digunakan adalah :
·         Warna Merah dan hijau.
·         Warna lain (apel yang busuk atau jelek)

 4.  Untuk bentuk apel di tentukan:
·         Besar atau kecil diameter apel itu sendiri.

1.5  Metode Penulisan
Metodologi yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah:
·       Studi Pustaka
Yaitu melakukan kajian dengan cara mengumpulkan dan membaca serta memahami literatur yang ada yaitu berupa buku referensi dan buku petunjuk operasional maupun browsing internet.
·       Merancang sistem kerja Alat Pemilih Apel Berdasarkan Warna Dan Bentuk.
·       Membuat Alat Pemilih Apel Berdasarkan Warna Dan Bentuk.
·       Pengujian dan Analisa
Yaitu menguji hasil kerja alat yang telah di rencanakan, apakah sudah
sesuai dengan tujuan yang di inginkan.
·       Pengambilan kesimpulan dan saran
Dari semua hasil pengujian yang telah dilakukan dan dianalisa maka bisa ditarik kesimpulan untuk bisa memecahkan masalah yang terjadi sehingga tujuan dari tugas akhir ini telah terlaksana.

1.6 Sistematikan Pembahasan
Sistematika pembahasan dalam penyusunan tugas akhir ini digambarkan sebagai berikut:
BAB I.     PENDAHULUAN
Berisi tentang latar belakang, maksud dan tujuan, rumusan masalah, batasan masalah, metedologi dan sistematika pembahasan.




BAB II.    TEORI PENUNJANG
Berisi tentang konsep dasar atau teori dasar yang digunakan untuk pembuatan Alat Pemilih Apel Berdasarkan Warna Dan Bentuk.
BAB III.  PERENCANAAN DAN PEMBUATAN
Berisi tentang perencanaan dan pembuatan program dari Alat Pemilih Apel Berdasarkan Warna Dan Bentuk.

BAB IV.  PENGUJIAN ALAT DAN ANALISA
Berisi tentang hasil pengujian dari sistem yang sudah dibuat, kemudian dibandingkan dengan perencanaan awal serta teori – teori penunjang yang menjadi landasan dari tugas akhir ini.
BAB V.    PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan dan saran dari hasil perencanaan dan pembuatan Alat Pemilih Apel Berdasarkan Warna Dan Bentuk.















No comments:

Post a Comment